Cegah Kecurangan UN Awasi Lembaga Bimbel

Media Indonesia, halaman 22

SANKSI tegas terhadap pelaku kecurangan dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) sebaiknya tidak hanya dijatuhkan kepada guru. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga diminta mengawasi lembaga bimbingan belajar (bimbel) yang diduga berperan membocorkan soal.

Pemerhati pendidikan Itje Khodijah  mengatakan siapa pun yang melakukan kecurangan dalam UN sepatutnya mendapat baik peringatan maupun hukuman. Mendikbud memutuskan hukuman memecat (guru). Pantas-pantas saja diberlakukan. Namun, persoalannya yang membocorkan baik soal maupun jawaban tidak selalu guru. Ada lembaga bimbel yang secara tidak terstruktur juga berpotensi melakukan hal tersebut dan masyarakat luas yang mungkin memiliki akses untuk membocorkan baik soal maupun jawaban.

Pelatih guru nasional itu mengatakan ada lembaga bimbel yang secara jujur membimbing dan ada yang memiliki tujuan lain. Namun, saat ditanya data lembaga bimbel yang berpeluang mencurangi UN, Itje mengatakan hal itu bisa ditanyakan kepada Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). Menurutnya, penyelenggaraan UN mempunyai kelemahan yang akan terus mendorong terjadinya kecurangan. Karena proses pembelajaran diukur di akhir melalui high stake testing seperti UN, peluang terjadinya upaya ‘mencari gampang’ akan tinggi.

Ia mengatakan keberhasilan proses belajar selayaknya diukur melalui assessment yang dilakukan guru yang mengajar, sesuai dengan tujuan belajar. Dengan demikian, ujar Itje, bisa dipastikan baik guru maupun siswa dapat menemukan tingkat keberhasilan pembelajaran. Jika ada tujuan yang belum tercapai, itu bisa segera ditemukan sebelum akhir masa belajar.

Melalui assessment pula, tambahnya, guru akan mendapatkan gambaran apakah kekurangan ada pada siswa atau mereka. Seandainya hampir semua anak mendapatkan nilai rendah, dapat dipastikan ada yang kurang dari sisi guru.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s