Perguruan Tinggi Negeri Katolik Pertama di Indonesia Diresmikan

The Jakarta Post, halaman 2

Setelah melalui proses dan birokrasi yang panjang, Sekolah Tinggi Pastoral (STP) Santo Agustinus di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengukir sejarah pada hari Kamis (6/4) karena mulai kini telah menjadi perguruan tinggi milik pemerintah dengan nama Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKatN) Pontianak.

Sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) Katolik pertama di Indonesia, STAKatN Pontianak diharapkkan dapat berperan penting dalam mendukung semangat persatuan dan keanekaragaman di Indonesia.

Saat membuka acara peresmian STAKatN, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, pendidikan agama sangat penting dalam menjaga semangat persatuan nasional karena Indonesia adalah negara yang sangat beragam. Oleh karena itu, ia berharap dengan diresmikannya STAKatN ini, keberadaan lembaga-lembaga sejenis di daerah lain di seluruh Indonesia dapat ikut berkembang.

Lukman mengatakan bahwa berbicara mengenai agama adalah berbicara tentang perasaan. Oleh karena itu, agama bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan di ruang publik, namun seperangkat nilai-nilai yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mantan Kepala STP Santo Agustinus, Andreas Muhrotien, mengatakan, lembaga pendidikan yang dibuka pada 2006 tersebut awalnya adalah milik swasta. Tujuan awal pendiriannya adalah untuk memberikan solusi atas kurangnya jumlah guru pendidikan agama Katolik di provinsi tersebut. Andreas mengatakan, mereka telah berupaya keras dan melewati perjalanan panjang agar lembaga tersebut dapat menjadi PTN.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s