Sekolah Kumuh Ada diantara Huniah Mewah

The Jakarta Post, halaman 4

Ketika orang berpikir tentang sekolah kumuh di Indonesia, orang cenderung berpendapat bahwa sekolah-sekolah itu berada di pelosok-pelosok daerah. Namun, bagi sebagian siswa di Jakarta, mereka juga harus mengenyam pendidikannya di sekolah-sekolah kumuh itu, yang letaknya bahkan berdekatan dengan kawasan hunian mewah seperti  kawasan Menteng di Jakarta Pusat.

SDN 03 Menteng adalah salah satunya. Dua tahun lalu, ruang perpustakaan di sekolah tersebut runtuh, sehingga pihak sekolah memindahkannya ke ruang laboratorium yang tidak terpakai. Selain ruang perpustakaan yang rusak, sistem ventilasi udara di sekolah tersebut juga sudah keropos karena termakan rayap.

Pihak sekolah pernah mencoba menggalang dana dari pihak luar untuk melakukan renovasi, namun Dinas Pendidikan (Dispendik) DKI Jakarta tidak menyetujuinya karena permasalahan tersebut sudah menjadi tanggung jawab Dispendik.

Meski beberapa bagian dari gedung sekolah tersebut tampak sangat membutuhkan renovasi, namun beberapa fasilitas bagus masih terlihat di dalamnya. Hal itu dikarenakan letaknya yang berada di kawasan Menteng, hunian bagi para para diplomat dan staf-staf kedubes asing serta kawasan perumahan mewah. Fasilitas-fasilitas itu antara lain adalah AC yang ada di seluruh ruang kelas, yang peralatan dan tagihan listriknya dibebankan kepada orang tua siswa.

Bagi beberapa murid, rusaknya fasilitas di sekolah itu tampaknya tidak terlalu mengganggu, karena kini ruang perpustakaan yang rusak itu telah dipindah. Semisal yang dikatakan Bagus Rama, anak kelas lima di sekolah itu, meski ia tahu jika perpustakaan di sekolahnya rusak parah, namun hal itu sudah tidak mengganggu lagi karena untuk sementara waktu sudah dipindahkan ke ruangan lain, dan rencananya akan segera direnovasi.

Namun,  tidak semua siswa berpendapat seperti Bagus. Semisal yang dikatakan Ali Ramadhan, seorang siswa SDN 02 Duri Pulo, Jakarta Pusat, bahwa ia takut pergi ke toilet laki-laki karena langit-langitnya sudah rusak. Langit-langit di toilet itu, katanya, pernah runtuh tapi untungnya tidak ada yang terluka.

Bangunan sekolah SDN 03 Menteng dan SDN 02 Duri Pulo adalah dua diantara 627 sekolah di Jakarta yang rencananya akan direnovasi pada 2017 dengan anggran sebesar Rp 3,06 triliun (US $ 230 juta). Saat ini, sebanyak 47 persen sekolah di Ibu Kota membutuhkan renovasi. Hanya sebanyak 885 dari 1.708 gedung sekolah yang dianggap dalam kondisi baik.  Kadispendik DKI Jakarta, Sopan Adrianto menyayangkan tidak semua gedung-gedung sekolah yang rusak itu bisa sekaligus direnovasi, karena prioritas APBD DKI Jakarta hanya untuk sekolah dengan rusak berat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s