Inovasi Kepustakaan Tambah Minat Baca

Kompas, halaman 12, Sabtu, 8 April

Inovasi layanan kepustakaan diperlukan untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat. Disertai kemudahan akses dan peningkatan pelayanan, masyarakatkan luas, terutama generasi muda, diyakini tidak akan lagi enggan mengakses ruang-ruang perpustakaan. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang Bimbong Yogatama mengatakan, minat baca warga di kota besar perlu ditingkatkan untuk memperkuat referensi pengetahuan. Hal ini terutama di tengah terpaan informasi belakangan ini yang banyak di antaranya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Inovasi yang tengah dikembangkan di Semarang saat ini, antara lain, layanan katalog yang terhubung dengan sejumlah perpustakaan di kota tersebut. Warga tinggal memasukkan judul buku dan kemudia meminjam di perpustakaan terdekat. Bimbong mengatakan, aplikasi perpustakaan digital yang dapat diakses melalui gawai itu saat ini sedang dikembangkan. Menurut rencana, aplikasi tersebut akan diluncurkan pada pertengahan 2017. Akan tersedia puluhan ribu buku dalam layanan tersebut.

Aplikasi tersebut diperlukan mengingat banyaknya perpustakaan di Semarang. Setidaknya ada 177 kelurahan di Semarang yang memiliki perpustakaan. Warga juga dapat memanfaatkan Perpustakaan Daerah Kota Semarang. Selain itu, perpustakaan juga menyediakan buku elektronik yang dapat diunduh secara gratis. Sejauh ini baru 39 buku dan semuanya berbahasa Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s