Kemdikbud Tingkatkan Koordinasi dengan PLN dan Telkom

Kompas, halaman 12, Sabtu, 8 April

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berjanji meningkatkan koordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telkom guna memastikan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di jenjang SMA/SMK dan SMP/MTs berjalan lancar. Kendala teknis seperti pemadaman listrik dan jaringan masih menjadi masalah utama kelancaran penyelenggaraan UNBK selama tiga tahun penyelenggaraannya.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Nizam mengatakan, kendala teknis yang ditemukan umumnya sudah dikenali dan diantisipasi sebelumnya. Pihaknya juga mengingatkan kembali pada sekolah-sekolah untuk mencermati prosedur standar operasi. Puspendik pun akan terus meningkatlan koordinasi dengan PLN dan Telkom.

Wakil Kepala SMA Negeri 24 Jakarta Dwiyani Ganewati mengatakan, penyelenggaraan UNBK sudah memasuki tahun kedua. Sekolah menggelar UNBK dua sesi tiap hari karena memiliki 86 komputer yang tersebar di laboratorium komputer, laboratorium bahasa, dan perpustakaan digital. Peserta UN dari program IPA dan IPS sebanyak 177 orang. Sesungguhnya sekolah itu mau melaksanakan satu sesi saja tiap hari, namun dalam uji coba ternyata cara ini berisiko karena bandwidth sekolah tidak cukup.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Irman Yasin Limpo mengatakan, belum semua sekolah melaksanakan UNBK karena sebagian fasilitas belum lengkap. Namun, tahun depan pihaknya menargetkan semua sekolah sudah bisa melaksanakan UNBK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s