Pemerintah Siapkan Solusi Kendala Teknis UNBK

Media Indonesia, halaman 22

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan para peserta ujian nasional tidak dirugikan apabila terjadi kesalahan teknis dalam pelaksanaan ujian. Kesalahan teknis rentan terjadi pada ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Beberapa kendala teknis seperti listrik padam, server utama sekolah rusak, komputer siswa rusak, hingga gagal login kerap menjadi masalah yang ditemui pada saat persiapan dan uji coba. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Nizam mengatakan, masalah-masalah tersebut sudah ada solusinya dan telah diselesaikan.

Selebihnya, kata Nizam, semua persiapan berjalan lancar dan sesuai jadwal. Seluruh SMA yang melakukan ujian berbasis kertas tingga melakukan eksekusi. Sejauh ini, berdasarkan pada pengalaman UNBK tingkat SMK yang dijalankan minggu lalu, pemerintah mengaku tidak menemukan masalah serius. Laporan kecurangan juga lebih kecil dari tahun lalu.

Dari beberapa daerah seperti di Tasikmalaya, Jawa Barat, persiapan yang dilakukan panitia sekolah dalam menghadapi UNBK sudah mencapai 100% sehingga diharapkan tidak ada kendala. Koordinator Pengawas SMA Wilayah VI, Garut dan Kota Tasikmalaya, Krisna Sujaya, mengatakan, panitia sudah melakukan berbagai antisipasi terhadap munculnya kemungkinan yang bisa mengganggu jalannya pelaksanaan UNBK dan tetap berkomunikasi terutama dengan PLN dan PT Telkom berkaitan jaringan internet dan listrik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung Muhammad Saleh menuturkan, beberapa sekolah di daerahnya akan menggelar ujian dengan memakai sistem shift, mengingat jumlah komputer yang ada hanya memadai untuk dua shift.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s