Tanpa Soal Animasi, Risiko Minim

Jawa Pos, halaman 1

Secara umum, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pekan lalu berjalan cukup lancet. Namun, insiden tidak terbacanya soal di komputer sebagai peserta harus menjadi perhatian. Dalam UNBK SMA dan MA mulai hari ini, problem itu jangan terulang.

Ujian Nasional (UN) tahun ini berbeda. Penyelenggaraan UN kelompok SMK serta SMA dan MA kali ini tak serempak. Pekan lalu 1,3 juta siswa SMK mengikuti UN terlebih dahulu. Lalu, mulai hari ini gentian 1,7 juta siswa SMA/MA yang harus berjibaku dengan soal UN selama empat hari ke depan.

Merujuk UN SMK pekan lalu, pelaksanaan ujian berlangsung relative tertib dan lancar. Isu kecurangan seperti  bocoran soal atau peredaran kunci jawaban yang sering mencoreng pelaksanaan ujian nyaris tidak ditemukan. Apalagi soal anak yang tertangkap tangan membawa kunci jawaban, juga belum ada laporan.

Satu-satunya masalah yang mencoreng pelaksanaan UN SMK terjadi pada hari terakhir ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Tepatnya jadwal ujian teori kejuruan. Saat itu banyak siswa mengeluh karena sekitar sepuluh soal ujian tidak muncul di layar monitor. Soal yang tidak muncul tersebut berupa animasi atau video.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Balitbang Kemendikbud Nizam menjelaskan, gangguan teknis yang masif seperti yang terjadi pada hari terakhir UNBK SMK tidak bakal terulang di kelompok SMA/MA. Dia menjamin tidak ada soal ujian yang berupa video atau animasi untuk SMA/MA.

Namun, pemerintah harus tetap waspada. Sebab, masih ada beberapa kendala lain yang muncul saat UN SMK. Misalnya sambungan internet yang terputus, tidak tersambungnya server pusat dengan sekolah, dan pemanan listrik. Itu tentu bisa saja terjadi saat ujian SMA/MA.

Nizam berharap pelaksanaan UN SMK yang cenderung lancar bisa menular ke SMA/MA. Dia menyebutkan, sampai kemarin tidak muncul laporan peredaran kunci jawaban atau bocoran soal ujian. Meski begitu, Nizam mengatakan bahwa ada beberapa upaya supaya kendala-kendala dalam UNBK SMK tidak terajadi di SMA/MA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s