UNBK Lebih Akuntabel

Kompas, halaman 1

Penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) menjadi titik masuk untuk membenahi penilaian dalam pendidikan karena lebih akuntabel dan transparan. Meskipun demikian, sistem ujian nasional tetap harus dibenahi, bukannya hanya teknis, melainkan juga substansi. UNBK tingkat SMP/MTs hingga SMA/MA/SMK diselenggarakan secara bertahap sejak 3 April hingga 17 Mei. Sekitar 7,7 juta siswa jenjang itu mengikuti ujian nasional, terdiri dari 49 persen mengikuti UNBK dan 51 persen mengikuti ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNPK).

Penasihat Institute for Education Reform Universitas Paramadina Mohammad Abduhzen, mengatakan, penyelenggaraan UNBK memang secara signifikan membenahi teknis dan penyelenggaraan UN yang selama ini sarat masalah, terutama isu kecurangan dan kebocoran soal. Dalam pelaksanaannya, UNBK tidak memungkinkan siswa mendapatkan bocoran jawaban sebagaimana terjadi pada UNPK. Saat ujian, setiap siswa mendapatkan urutan soal yang berbeda.

Pelaksanaan UNBK juga memperkecil ruang untuk terjadi kebocoran soal. Soal ujian dari pusat diunduh ke komputer server di setiap sekolah pada hari ujian. Setelah itu, soal disebarkan ke komputer siswa melalui kabel LAN. Siswa kemudian mengerjakan soal-soal secara offline.

Dengan kelebihan-kelebihan UNBK, Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kiki Yulianti mengatakan, UNBK menjadi titik masuk untuk membenahi penilaian dalam pendidikan karena lebih akuntabel, transparan, dan tercatat dengan baik. Hal yang harus dipastikan, kata Kiki, UN dilaksanakan secara berintegritas. Dengan demikian akan diperoleh potret yang sesungguhnya soal kompetensi lulusan dari siswa untuk perbaikan pada standar lainnya.

Sementara itu, dari evaluasi pelaksanaan UNBK tingkat SMK, Kepala Bada Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Totok Suprayitno mengatakan, listrik padam masih menjadi kendala utama UNBK. Apabila listrik padam hingga satu jam, sekolah boleh menunggu. Namun, jika padam lebih dari satu jam, sesi tiga yang dijadwalkan pada pukul 13.30-15.30 dibatalkan dan siswa mengikuti UNBK susulan pada 18-19 April. Sedangkan dari sisi internet, Totok mengatakan sudah relatif tidak bermasalah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s