46 Laporan Warnai UN SMA

Media Indonesia, halaman 2

memasuki hari pertama ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerima 46 laporan dari masyarakat. Kebanyakan laporan seputar penyelenggaraan UN berbasis komputer (UNBK), termasuk adanya dugaan kebo­coran soal.

Inspektorat Jenderal Kemendikbud Daryanto pada konferensi pers tentang UN di Kantor Kemendikbud, Jakarta, kemarin, mengatakan, dari 46 laporan terdapat 17 laporan berbentuk aduan, di antaranya 8 aduan kebocoran soal UNBK. Empat laporan dugaan kebocoran berasal dari Sumatra dan empat aduan lain dari Jawa.

Daryanto menyatakan secara umum penyelenggaraan UN lancar. Berdasarkan data Kemendikbud, sebanyak 1.812.175 pelajar dari 20.557 SMA dan madrasah aliah (MA) mengikuti UN 2017. Dari jumlah itu, 1.144.411 pelajar dari 9.650 SMA mengikuti UNBK. Sisanya yakni 667.764 dari 10.907 SMA mengikuti UN kertas dan pensil (UNKP). Dijadwalkan, UN SMA sederajat berlangsung sampai 13 April 2017.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kiki Yuliati menilai pelaksanaan UN tahun ini, khususnya UNKP, lebih berat karena sejumlah daerah melaporkan permasalahan administrasi pengindukan penyelenggaraan UN. Hal itu disebabkan dampak pengalihan kewenangan pendidikan menengah SMA dan SMK dari kabupaten dan kota ke tingkat provinsi.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, Nizam, berharap pelaksanaan UNBK untuk tingkat SMA berjalan lancar karena soal-soal untuk SMA lebih sederhana dan tidak menggunakan video animasi sehingga bisa diakses berbagai komputer dengan ragam spesifikasi berbeda.
Nizam mengaku bersyukur karena laporan kecurangan jauh lebih kecil daripada tahun lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s