Dana Abadi untuk Pendidikan Inklusif

Kompas, halaman 12

Pemerintah menyiapkan dana abadi yang sampai tahun 2030 diperkirakan Rp 400 triliun. Dana itu akan dipakai untuk beasiswa bagi mahasiswa pascasarjana dan sekolah menengah demi mewujudkan pendidikan inklusif dan memacu mutu sumber daya manusia. Deputi Koordinasi Bidang Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Agus Sartono mengatakan, penyaluran dana lewat program Bidikmisi bagi pendidikan tinggi.

Beasiswa Bidikmisi terbuka bagi lulusan pendidikan menengah dari keluarga ekonomi lemah yang kuliah di perguruan tinggi. Biaya pendaftaran, biaya kuliah, dan biaya hidup penerima beasiswa sampai selesai kuliah ditanggung pemerintah. Harapannya dana abadi dan beasiswa tak hanya bagi mahasiswa pascasarjana dan para peneliti. Dana itu ada sejak 2010 dan dikelola Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Pemerintah juga tengah mempertimbangkan siswa SMA sederajat juga mendapat beasiswa.

Wujud pendidikan inklusif atau terbuka bagi semua orang tanpa diskriminasi, bisa melalui Universitas Terbuka (UT). Rektor UT Tian Belawati mengatakan, tak ada batas umur atau lama kuliah di UT. Pihaknya membuka seluas-luasnya bagi masyarakat yang tidak berkesempatan masuk perguruan tinggi konvensional karena harus mencari nafkah.

Berdasarka Survei Sosial Ekonomi Nasional 2012, dari 20 persen anak Indonesia dari keluarga miskin, hanya 10 persennya mengecap pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi lebih banyak diakses anak-anak dari keluarga berekonomi menengah ke atas. Hal itu mengakibatkan lingkaran kemiskinan. Mutu angkatan kerja Indonesia tak bertambah baik. Kini 65 persen angkatan kerja hanya berijazah SMP. Tenaga kerja berijazah perguruan tinggi amat minim, cuma 10 persen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s