Kuota Ujian Daring Ditingkatkan

Kompas, halaman 12

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) yang mulai dibukan Selasa (11/4) ini terus mengakomodasi peserta yang hendak ikut ujian secara daring. Memasuki tahun kedua penyediaan fasilitas ujian secara daring, daya tampung disediakan untuk 30.000 peserta, dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 2.500 peserta.

Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi mengatakan, secara bertahap kapasitas untuk ujian daring ditingkatkan. Sampai saat ini, ujian masih di PTN yang sudah siap infrastrukturnya. PTN besar tentu punya kapasitas yang lebih besar untuk menampung peserta UN daring. Ravik mengatakan, SBMPTN tahun ini diikuti 85 PTN, termasuk Institut Seni Indonesia (ISI) dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad mendukung peningkatan kualitas penyelenggaraan SBMPTN secara daring. Dia mengatakan PTN diharapkan benar-benar menyeleksi calon mahasiswa yang potensioal sukses di perguruan tinggi. Terkait Seleksi Mandiri yang kuotanya maksimal 30 persen, Intan mengatakan, pihaknya berharap pimpinan PT juga dapat mempertimbangkan calon mahasiswa yang belum lolos di SBMPTN tetapi potensial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s