Semangat Siswa Kendur dalam menghadapi UN

The Jakarta Post, halaman 4

Dulunya Ujian Nasional (UN) sebagai moment menghantui para siswa SMA sebab UN sebagai penentu mereka untuk lulus atau tidak. Pada tahun 2001, siswa kelas 12 di Jambi nekat bunuh diri setelah dinyatakan gagal dalam UN, sedangkan beberapa siswa lainnya dilaporkan stress secara psikologis.

Tapi di tahun 2015, UN yang dulunya ditakuti tidak lagi digunaka sebagai penentu untuk lulus SMA.

Rizky Nauli, seorang pelajar kelas 12  di SMA Negeri 3 Jakarta, di Setiabudi, Jakarta Selatan, mengaku tidak mempersiapkan banyak hal untuk ujian nasional berbasis komputer (UNBK), yang akan dimulai pada hari Senin (10/4) hingga Kamis (13/4).

Ia mengatakan dirinya tidak banyak belajar menjelang UNBK. Situasi ini berbeda dari ketika ia akan menghadapi USBN (Ujian Sekolah Berbasis Nasional) kerena ia belajar hingga larut malam dan bahkan membaca buku yang jarang ia sentuh.

USBN merupakan bentuk ujian baru yang diperkenalkan tahun ini oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. USBN menggantikan UN sebagai salah satu penentu kelulusan, ditambah dengan ujian praktek, ulangan harian dan sikap siswa selama disekolah.

Berbeda dengan UN, USBN dikelola oleh pemerintah daerah. Dengan demikian, isi dari ujian tidak lagi dirancang oleh Kemendikbud, tetapi dirancang oleh guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dikabupaten dan kota masing-masing. Akibatnya, para siswa SMA diwajibkan untuk mengikuti kedua ujian tersebut yaitu USBN dan UN mulai tahun ini.

Kemendikbud mengakui bahwa para siswa kurang memperhatikan dalam UN dan UNBK. Namun, juru bicara Kemendikbud, Ari Santoso, mengatakan tidak ada yang bisa dilakukan oleh Kemendikbud tentang hal tersebut. Sebab hal tersebut tergantung kepada siswa itu sendiri. Keputusan untuk mengikuti ujian secara serius harus berasal dari kemauan mereka sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s