UN Belum Steril dari Soal Bocor

Jawa Pos, halaman 12

Kementerian Pendidikan dan Budaya hingga kemarin sore (10/4) menerima 17 laporan penyelenggaraan ujian nasional (UN) SMA/MA. Delapan di antaranya adalah laporan tentang isu kebocoran soal dan peredaran kunci jawaban. Irjen Kemendikbud Daryanto berjanji menindaklanjuti laporan-laporan itu.

Sayangnya, Kemendikbud belum bersedia membeberkan delapan laporan kebocoran soal dan kunci jawaban tersebut berasal dari mana saja. Mereka hanya menyebutkan, laporan itu berasal dari Sumatera dan Jawa. Alsannya, Kemendikbud tidak ingin pengecekan di lapangan terganggu.

Dari sejumlah informasi yang beredar, bocoran soal ujian ditemukan di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat (Kalbar). Sedangkan pelaku penjualan kunci jawaban yang diamankan polisi adalah siswa berinisial EJ di SMAN 1 Teluk Melano, Kecamatan Simpang Hilir, Kabupaten Kayong Utara.

Setelah diinterogasi polisi, EJ mengaku mendapatkan paket kunci jawaban dari sindikat yang berada di Pontianak. Kemudian, oleh EJ, paket kunci jawaban itu dijual ke sepuluh temannya. Setiap anak menyerahkan Rp 450 ribu sehingga paket kunci jawaban UN 2017 tersebut seharga Rp 4,5 juta.

Daryanto mengatakan, kasus peredaran kunci jawaban itu harus ditelusuri. Apakah yang beredar tersebut kunci jawaban yang valid atau hanya penipuan berkedok kunci jawaban. Dia menduga peredaran kunci jawaban itu terkait dengan pelaksanaan UN yang berbasis kertas.

UN yang berbasis komputer relative lebih aman. Sebab, sampai menjelang pelaksanaan ujian, kombinasi soal yang akan diterima belum bisa diketahui. Menurut Daryanto, masyarakat sebaiknya tetap tidak percaya pada kunci jawaban yang beredar karena bisa jadi malah menjerumuskan. Orang yang tidak bertanggung jawab sengaja membuat kunci jawaban untuk dijual.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s