Komisi X DPR Tunggu Laporan Mendikbud

Koran Sindo, halaman 4

Pelaksanaan ujian nasional  berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA sederajat tahun ini diwarnai banyak kendala teknis yang menghambat siswa ujian tepat waktu. Komisi X DPR menunggu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melaporkan penyebab muncunya masalah ini. Pada pelaksanaan UNBK hari kedua kemarin, kendala teknis seperti server down, log internet yang lamban, dan listrik mati masih terjadi di sejumlah daerah. Hal yang sama terjadi pada UNBK hari pertama di beberapa sekolah di Bandung, Yogayakarta, dan Surabaya.

Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih mengatakan, kendala teknis yang muncul itu sebenarnya sudah diprediksi. Pelaksanaan UNBK 2017 ini diakuinya memang belum siap. Dia mencontohkan kondisi sekolah-sekolah di luar Jawa yang memiliki keterbatasan, termasuk perangkat keras yang belum terpenuhi. Menurutnya, masih banyak juga sekolah yang belum memiliki genset jika listrik mati saat ujian.

Salah satu penyebab munculnya kendala teknis pada UNBK ini adalah anggaran yang minim. Pemerintah daerah dinilai belum memiliki komitmen dalam menyediakan anggaran. Saat ini pemerintah daerah menyediakan anggaran pendidikan kurang dari 20% dari APBD. Hal ini juga berimplikasi pada minimnya alokasi anggaran untuk UNBK.

Tahun ini peserta UNBK meningkat cukup signifikan. Berdasarkan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dari 1,8 juta siswa SMA sederajat, 1.145.341 siswa di antaranya atau 63,2% merupakan peserta UNBK.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s