Orangtua Siswa Terbebani Pungutan

Kompas, halaman 12

Alih kelola sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi “melenyapkan” sekolah gratis SMA/SMK di sejumlah daerah. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, alih kelola 598 SMA/SMK itu menihilkan sekolah gratis SMA/SMK di empat daerah. Anggaran pembiayaan yang besar menjadi alasan penghentian layanan itu.

Sekolah gratis yang pelaksanaannya terhenti tersebut berada di Kabupaten Kudus, Sukoharjo, Karanganyar, dan Kota Semarang. Kepala Bidang Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan Jawa Tengah Sungkana menjelaskan, di empat kabupaten itu, program sekolah gratis sudah diselenggarakan 12 tahun, mulai dari SD hingga SMA/SMK. Namun, setelah kewenangan SMA/SMK diambil alih pemerintah provinsi, penyelenggaraan SMA/SMK empat daerah itu tidak lagi gratis. Ia mengakui alih kelola SMA/SMK butuh anggaran besar sehingga prmprov belum memapu menggratiskan sekolah bagi siswa di tingkat SMA.

Siswa di daerah yang sebelumnya pendidikannya gratis kini diminta partisipasinya dalam sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP). Saat ini, Dinas Pendidikan Jawa Tengah sedang menyiapkan peraturan gubernur yang mengatur partisipasi masyarakat atas pengelolaan SMA/SMK. Kebijakan menarik sumbangan dari orangtua dilakukan mengingat dana bantuan operasional sekolah (BOS) ditambah anggaran pendidikan melalui APBD  masih belum mencukupi. Idealnya, setiap siswa di tingkat SMA/SMK mendapat anggaran belajar Rp 2,5 juta per tahun.

Hal yang sama terjadi di Kota Surabaya dan Blitar, Jawa Timur. Siswa kini membayar SPP. Umi Subiyono (47), salah satu wali murid SMK di Surabaya, mengatakan, tambahan pengeluaran Rp 215.000 per bulan memberatkan. Padahal, selama 2 tahun terakhir ia tidak mengeluarkan uang bagi pendidikan anaknya yang bersekolah di SMK Negeri 10 Surabaya kelas XII.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s