Sekolah Libur Sabtu-Minggu

Jawa Pos, halaman 12

Menjelang tahun pelajaran baru, pemerintah kembali menggulirkan rencana sekolah masuk Senin hingga Jumat. Dengan demikian, Sabtu-Minggu siswa bisa menikmati libur.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyatakan, saat ini memang sudah ada sebagian daerah yang menerapkan sistem libur Sabtu-Minggu untuk SD, SMP, dan SMA/SMK atau yang sederajat dan nantinya akan diperluas secara nasional. Rencana tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jika disepakati, itu akan berlaku mulai tahun pelajaran 2017-2018.

Menurut Muhadjir, konsekuensi dari sistem sekolah lima hari per pekan adalah penambahan jam belajar di sekolah. Jika sebelumnya sekitar enam jam, nanti menjadi minimal delapan jam. Tapi, tidak semua jam belajar itu mesti dilakukan di dalam kelas bisa diisi dengan eksplorasi di luar kelas atau sekolah.

Menurut Muhadjir, jam belajar akan diisi dengan materi penguatan karakter yang sangat penting. Selain itu, bertambahnya jam belajar di sekolah bisa menjadi cara untuk menyelamatkan anak-anak dari lingkungan bermain atau masyarakat yang buruk. Dia juga mengakui, penambahan jam belajar berserta aneka kegiatan di dalamnya tentu membutuhkan biaya. Karena itu, kata Muhadjir, dana BOS bisa saja tidak cukup. Dengan demikian, komite sekolah bisa memanfaatkan dana masyarakat. Bisa dari orang tua, alumni, atau dana sosial perusahaan di sekitar sekolah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s