Digital Rambah Paket C

Kompas, halaman 11

Ujian nasional pendidikan kesetaraan mulai tahun 2017 ditempuh dengan dua cara, yakni ujian konvensional dengan menggunakan pensil dan kertas serta ujian dengan menggunakan komputer. Artinya, ujian model digital pun mulai diterapkan  pada pendidikan nonformal. Khusus untuk paket C (setara SMA/SMK) sudah berlansung pada Sabtu (15/4) dan Minggu (16/4). Ujian nasional kesetaraan berbasis komputer untuk Paket C untuk sementara diikuti 16,32 persen atau 40.496 orang dari total 246.705 peserta yang didaftarkan oleh pendidikan kesetaraan. Sebagian besar atau sekitar 83,68 persen ujian dilaksanakan secara konvensional.

Kali ini, UN kesetaraan berbasis kompuer diikuti 879 lembaga. Sementara yang berbasis kertas diikuti 3.550 lembaga pendidikan kesetaraan. Berdasarkan pantauan hari Minggu, ujian kesetaraan yang berbasis komputer umumnya menumpang di sekolah-sekolah formal. Di SMAN 66 Jakarta Selatan, misalnua, peserta rata-rata berusia 19-63 tahun.

Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud Harris Iskandar mengatakan, program ini merupakan alternatif bagi warga yang putus sekolah, tidak melanjutkan, atau keluar dari sistem pendidikan formal akibat desakan ekonomi atau faktor lainnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Nizam mengatakan, ujian nasional kesetaraan dilaksanakan pada akhir pekan, Sabtu dan Minggu, demi mengakomodir pekerja kantor.

Terkait penyelenggaraan ujian kesetaraan yang bertepatan dengan perayaan Paskah, sejumlah daerah dan lembaga keberatan. Sekretaris Jenderal Asosiasi Sekolah Rumah dan Pendidikan Alternatif Budi Trikorayanto mengatakan, seharusnya Badan Standar Nasional Pendidikan dan Kemdikbud sesnsitif terhadap kebhinekaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s