3.164 Orang Rebutkan Beasiswa Unggulan

Republika, halaman 5

Sebanyak 3.164 pelamar beasiswa unggulan tahap pertama akan memperebutkan beasiswa unggulan yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Baasiswa diberikan untuk program studi tingkat sarjana dan pascasarjana.

Kepala Biro Perencanaan dan Kerja sama Luar Negeri (PKLN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Suharti, Senin (17/4), mengatakan, beasiswa unggulan untuk tahap pertama dibuka mulai 15 Februari hingga 15 April. Sementara seleksi administrasi 16 April hingga 10 Mei dan wawancara. Selanjutnya pengumuman pada 12 Mei.

Sementara, untuk beasiswa unggulan tahap kedua pendaftaran dibuka pada 1 Juni hingga 31 Juli. Seleksi administrasi dan wawancara pada 1 Agustus hingga 31 Agustus, sementara pengumuman pada 1 September.

Beasiswa unggulan 2017 diperuntukkan bagi masyarakat berprestasi (gelar dan nongelar), beasiswa unggulan pegawai Kemdikbud (gelar dan nongelar) dan beasiswa unggulan masyarakat asing (gelar). Jumlah kuota untuk tahun ini sebanyak 2.000 beasiswa baik gelar dan nongelar.

Suharti menjelaskan berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, jumlah kuota sebanyak itu tidak terpenuhi pada pendaftaran tahap pertama. Oleh karena itu, pihak Kemdikbud akan membuka seleksi tahap kedua. Sementara untuk masyarakat asing, terdapat sebanyak 50 pelamar pada tahun ini.

Program beasiswa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan pada masyarakat untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Sehingga, hasil pendidikan yang mereka dapatkan akan dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s