Pemerintah Perkuat Hubungan Lulusan PT dan Industri

Republika, halaman 5, Rabu, 19 April

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, mengatakan, sektor industri memberikan kontribusi terbesar terhadap struktur PDB nasional. Dengan kontribusi tersebut sudah sepantasnyalah pemerintah dan semua sektor mendukung dunia perindustrian di Indonesia, khususnya pengolahan bahan. Selain itu, posisi Indonesia sebagai negara berkembang dengan populasi  mayoritas kaum produktif. Tantangannya adalah pembangunan sumber daya manusia menjadi fokus utama pemerintah untuk meningkatkan daya saing. Hal itu disampaikan Airlangga saat memberi kualiah umum dalam seminar “Penguatan Link and Match Antara Industri dan SDM Lulusan Perguruan Tinggi”, di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Senin (17/4).

Setiap tahun, Indonesia memiliki 3 juta lulusan SMA/SMK. Namun, yang dterima di perguruan tinggi hanya 1,4 juta orang, sedangkan 1,6 juta lulusan harus diserap lapangan kerja. Karena itu, Kemenperin melakukan pembangunan SDM industri melalui program pengembangan pendidikan vokasi industri, pemagangan industri, pelatihan industri berbasis kompetensi, serta sertifikasi kompetensi tenaga kerja industri. Hingga 2019 pemerintah menargetkan mencetak 1 juta tenaga kerja industri melalui empat program tersebut.

Pemerintah juga akan mengubah kurikulum SMK sehingga menjadi tren baru bagi anak-anak yang tidak mau masuk ke perguruan tinggi. Airlangga berharap, nantinya, insinyur tidak hanya dihasilkan dari perguruan tinggi, tapi melalui SMK dan politeknik D1 dan D2. Stigma SMK tidak berkualitas pun harus dihapus.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s