Generasi Muda Diajak Perkuat Kebhinekaan

Kompas, halaman 12, Sabtu, 22 April

Generasi muda dapat berperan memperkuat kebhinekaan dan melawan fenomena radikalisme. Mereka perlu diberdayakan agar mampu menciptakan muatan positif yang tidak melupakan nilai keberagamaan dan toleransi melalui media sosial. Upaya itu diinisiasi Maarif Institute dan Cameo Project bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui pelatihan konten video positif kepada lebih dari 1.000 pelajar SMA/SMK di lima kota di Indonesia. Program diluncurkan di Jakarta, Jumat (21/4). Acara dihadiri 270 pelajar dari SMA/SMK umum dan berbasis agama.

Direktur Eksekutif Maarif Institute M Abdullah Darraz mengatakan, maraknya isu sosial seperti ujaran kebencian, xenofobia, dan ekstremisme yang menerpa generasi muda Indonesai di era digital menjadi salah satu landasan awal inisiasi ini. Maarif Institute dan Cameo Project akan mengunjungi lima kota, yakni Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang untuk memberikan lokakarya produksi video kreatif, mulai dari cara membuat video dengan narasi postif, tips memasarkan channel Youtube, hingga trik mengedit video.

Menurut Darraz, sistem pendidikan selama ini masih sebatas mengajarkan pengakuan terhadap keberagaman bangsa. Namun, sekolah belum mendorong guru dan siswa benar-benar menghayati keberagaman dalam realitas dengan menceburkan diri hidup bersama-sama orang yang berbeda, tanpa rasa curiga.

Menurut Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud Hamid Muhammad, keberagaman merupakan anugerah bagi bangsa Indonesia dan hal ini tidak perlu diperdebatkan lagi. Yang menjadi tantangan saat ini adalah bagaimana generasi muda bisa ikut merawat persatuan. Lewat diskusi, tulisan, dan video, semangat persatuan di tengah keberagaman dapat disebarkan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s