Sekolah Harus Tangkal Intoleransi

Media Indonesia, halman 18

Upaya meminimalkan dan mengatasi radikalisme serta intoleransi di sekolah-sekolah sepenuhnya berada di tangan sekolah. Karena itu, kepala sekolah harus aktif mengawasi dan menindak perilaku siswa yang bersifat radikal.

Hal tersebut dikatakan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad, dalam lokakarya untuk siswa SMA dan SMK bertajuk Aksi Pelajar untuk Kebinekaan Indonesia, yang berlangsung di Jakarta, kemarin (24/4). Menurutnya, upaya kepala sekolah dalam menindak radikalisme dan intoleransi menjadi faktor kunci agar kasus tersebut tidak terus berkembang.

Menurut Hamid, dalam melakukan penindakan terhadap intoleransi, pemerintah pusat tidak akan memberikan panduan atau rekomendasi kepada sekolah. Alasannya, kepala sekolah sudah tahu cara melakukannya dan wakil kepala sekolah dengan bidang masing-masing juga bisa langsung menangani masalah tersebut.

Meski demikian, ia menyatakan Kemendikbud hingga kini belum mendapat laporan terkait dengan adanya tindakan intoleran di sekolah. Laporan dan tanggung jawab pembenahan, tambahnya, berada pada pemerintah daerah dan dinas pendidikan setempat. Karena itu, tutur Hamid, jika terjadi tindakan intoleransi di sekolah, masyarakat juga diminta untuk mencari keterangan dari sekolah hingga pemerintah darah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s