UN Kesetaraan Berbasis Komputer Dimulai 2018

www.republika.co.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menargetkan penyelenggaraan ujian nasional (UN) kesetaraan (persamaan) berbasis komputer untuk peserta didik nonformal Kejar Paket C di seluruh wilayah Indonesia. Kepala Seksi Budaya Baca Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kemendikbud Mochammad Kalipi mengatakan, tahun ini sudah ada yang merintis, dan pihaknya berharap mulai 2018 sudah semakin banyak yang melaksanakan UNBK.

Ia mengatakan, sementara ini pelaksanaan UN kesetaraan dengan perangkat/berbasis komputer baru dilaksanakan di beberapa pusat kegiatan belajar-mengajar (PKBM) wilayah Depok, Jawa Barat. Namun seiring proses yang berjalan, ia berharap pemutakhiran sistem UN untuk peserta pendidikan nonformal ataupun bertujuan mengikuti ujian kesetaraan di sela pekerjaan rutin sehari-hari secepatnya bisa menular ke PKBM-PKBM lain.

Dari pantaunnya sejauh ini tidak ada kendala serius saat pelaksanaan UNPK, baik dari pendistribusian naskah, peserta maupun lainnya. Untuk bisa memenuhi harapan penyelenggaraan UN berbasis komputer, pihaknya berharap pemerintah daerah juga turut mendukung dengan memberikan bantuan kepada para satuan pendidikan nonformal untuk bisa melaksanakan ujian tersebut.  Misalnya, dengan bantuan pengadaan sarana prasarana maupun lainnya. Hal itu dilakukan agar, keseteraan ini memiliki standard integritas yang sama seperti halnya pendidikan formal SMA/SMK.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s