Kemenperin Gandeng 117 Perusahaan Tingkatkan SDM Industri

www.beritasatu.com

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menggandeng 117 perusahaan untuk menjalankan program pendidikan vokasi industri. Program yang melibatkan 389 sekolah menengah kejuruan (SMK) di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai kebutuhan dunia usaha saat ini.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, di era persaingan global sekarang ini, peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi kunci sukses untuk bisa bersaing dan memenangkan kompetisi. Airlangga mengungkapkan, sektor industri membutuhkan tenaga kerja yang kompeten, tidak saja dari keilmuan, tetapi lebih diutamakan penguasaan keterampilan dan attitude dalam bekerja. Kebutuhan ini diharapkan bisa dipasok dari pendidikan, khususnya pendidikan vokasi, baik tingkat menengah maupun pendidikan tinggi. Program pendidikan vokasi industri (link and match industry) dengan SMK) diharapkan dapat memasok kebutuhan SDM berkualitas bagi industri.

Dia menambahkan, program pembinaan dan pengembangan SMK berbasis kompetensi yang link and match dengan industri ini juga merupakan investasi industri terhadap SDM.

Kemenperin, kata dia, menargetkan program ini dapat menyasar 1.775 SMK yang terdiri dari 845.000 siswa, dan akan dikerjasamakan dengan 355 perusahaan sampai tahun 2019. Untuk itu, selanjutnya akan diluncurkan secara bertahap program serupa, di provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, serta di Sumatera dan wilayah Indonesia lainnya. Airlangga menegaskan, Pusdiklat Industri Kemenperin sebagai pelaksana program vokasi, akan terus mengawal dan memantau pelaksanaan di lapangan. Pihaknya juga berharap Kementerian terkait akan mendukung program ini sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s