Mendikbud: Pendidikan Karakter akan Masuk dalam Pendidikan Nasional

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muahdjir Effendy mengatakan, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) akan diterapkan dalam sistem pendidikan nasional. Untuk mewujudkan hal tersebut, ia mendorong Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) dapat memasukkan program PPK dalam pelatihan Kurikulum 2013 (K13). Menurut Muhadjir, penerapan Kurikulum 2013 dalam implementasinya dapat disinkronkan pada kebijakan pemerintah, khususnya dalam penerapan PPK.

Muhadjir menambahkan, pelatihan K13 dapat menyesuaikan pada program PPK. Ia menyebut, program ini sudah berjalan sejak 2016. Tercatat, program PPK telah diterapkan di 1.500 sekolah dan tahun ini ditargetkan ada 15.000 sekolah.

Selain kurikulum, Muhadjir mengatakan, dalam meningkatkan SDM khusus untuk SMK, Kemdikbud juga berkolaborasi dengan dunia dunia dan industri usaja untuk merevitalisasi program pendidikan vokasi yang diaplikasikan melalui kerja sama Kemdikbud denga Kementerian Perindustrian. Adapun kerja sama meliputi, memperkuat peran guru melalui program keahlian ganda, dan melakukan pemberdayaan karyawan dari dunia usaha dan industri yang berpengalaman. Hal itu dilakukan karena pemerintah memiliki target akan memenuhi kekurangan guru produktif.

Menurut Muhadjir, pemerintah memiliki target yakni hingga 2019, Indonesia akan memiliki 91 ribu guru SMK. Selain program keahlian ganda dan pemberdayaan karyawan dunia usaha dan industri, pemerintah juga memberikan pendidikan pelatihan dan pendidikan guru SMK dengan memberangkatkan mereka ke negara yang sudah sangat maju di bidang industri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s