Jalur Prestasi Dioptimalkan

Kompas, page 11

Pendaftar ke perguruan tinggi negeri lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menurun dari tahun ke tahun. Hal ini seiring penetapan kuota pendaftar yang dibatasi berdasarkan akreditasi sekolah. Cara ini dioptimalkan untuk menjaring siswa berprestasi. Hasil seleksi mahasiswa baru lewat jalur prestasi rapor ataupun non-akademik lewat SNMPTN di SMA/SMK sederajat tahun ini dimumkan secara daring, Rabu (26/4). Sebanyak 101.906 orang diterima di 78 PTN. Mereka diseleksi dari 517.116 pendaftar.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, sejak 2016, penetapan pendaftar lewat jalur SNMPTN dilakukan pemeringkatan berdasarkan akreditasi sekolah. Dengan demikian, penyaringan lebih optimal karena jumlah siswa yang disaring berkurang, sesuai akreditasi sekolah.

Ravik mengatakan, SMA/sederajat dengan akreditasi A hanya dapat mendaftarkan 50 persen siswa terbaiknya. Yang berakreditasi B dipatok 30 persen, berakreditasi C sebanyak 10 persen. Adapun yang belum terakreditasi dipatok 5 persen.

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristek Dikti Intan Ahmad mengatakan, penyelenggaran SNMPTN ini untuk memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi siswa dengan nilai akademik yang baik untuk dapat masuk PTN. Sistem ini juga untuk menjamin PTN menjadi wadah yang terbuka buat semua anak bangsa yang berprestasi.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s