IKAPI: Orang Indonesia Lebih Suka Buku Cetak

www.republika.co.id

Wakil Ketua Bidang Humas, Riset dan Informasi Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Pusat, Indra Laksana, mengatakan, orang Indonesia lebih suka membaca buku cetak ketimbang buku digital atau e-book. Hal itu bisa terlihat dari angka penjualan kedua jenis bahan bacaan tersebut.

Indra mengatakan, penelitian mereka pada 2016 menunjukkan bahwa rata-rata orang men-download buku digital secara gratis. Namun, ketika harus membayar, mereka lebih memilih membeli buku cetak. Tren buku digital secara global, lanjutnya, pada dasarnya rendah. Buku digital pernah menjadi tren baru di AS, namun akhir-akhir ini orang kembali memilih buku cetak.

Indra menjelaskan, kebiasaan masyarakat dalam membaca buku cetak berbeda dengan membaca surat kabar. Mereka mungkin merasa nyaman membaca berita melalui media digital. Namun, hal tersebut tidak sama ketika mereka membaca buku digital. Orang membaca buku karena ingin memiliki pemahaman yang lebih dalam dan lengkap. Oleh karena itu, buku cetak kemudian menjadi pilihan yang lebih baik.

Indra mengatakan, sebuah penelitian di AS mengungkapkan bahwa ada sensasi tersendiri ketika orang membaca buku cetak. Hal tersebut tidak bisa tergantikan dengan buku digital, semisal ketika kita menyentuh buku, membalik halaman buku dan mencium bau kertas. Selain itu, kontak mata antara buku cetak dengan layar monitor juga berbeda.

Namun demikian, interaksi manusia dengan internet memang telah menyebabkan turunnya angka penjualan buku. Interaksi manusia beralih ke multimedia, tidak hanya ke media cetak. Meningkatnya minat baca orang terhadap media berbasis online berdampak pada menurunnya jumlah buku yang diterbitkan.

Indra mengatakan, saat ini, orang terbiasa mendapatkan sumber materi atau pengetahuan dari internet. Dengan hanya mengetik keywords tertentu, semua yang berhubungan dengan informasi akan tersaji di layar komputer atau ponsel.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s