Guru SD di Ambang Krisis

Kompas, halaman 12, Sabtu, 29 April

Kecukupan guru kelas di jenjang sekolah dasar harus jadi perhatian serius dengan memperhatikan ketersediaan dan permintaan. Sejumlah daerah beberapa tahun ke depan terancam krisis suplai guru seiring jumlah guru pensiun dan bertambahnya anak usia sekolah. Badan untuk Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) melalui program Prioritas baru saja merilis hasil studi suplai dan kebutuhan guru kelas baru di sekolah dasar (SD).

Stuart Weston, Direktur Program USAID Prioritas, di Jakarta, Jumat (28/4), mengatakan, studi ini untuk membantu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menganalisis cara memperkecil kesenjangan antara menyiapkan pasokan dan kebutuhan guru kelas SD. Dengan mengetahui data guru kelas di SD, lanjuthya, lembaga pendidik tenaga kependidikan dapat mempertimbangkan kuota mahasiswanya sesuai kebutuhan guru kelas baru di SD.

Berdasarkan data rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan 2015 yang dikutip tim studi ini, Indonesia masih kekurangan guru kelas PNS 282.224 orang. Namun jika memasukkan data guru bukan PNS, ada kelebihan 82.245 guru kelas. Sementara pada tahun yang sama, berdasarkan Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) Kemenristek dan Dikti, ada 415 lembaga pendidikan dan tenaga kependidikan (LPTK)—terdiri dari 37 LPTK negeri dan 378 LPTK swasta—yang mencetak 91.247 lulusan Program PGSD.

Sementara itu, menurut Mark Heyward, ketua tim studi, ada empat skenario yang bisa dilakukan untuk mengurangi kebutuhan kelas SD. Hal ini berdasarkan pengalaman USAID Prioritas membantu penataan dan pemerataan guru di sejumlah provinsi mitra. Pertama, skenario normal atau tidak melakukan kebijakan apa pun. Kedua, penggabungan sekolah atau kelas rangkap. Ketiga, alih fungsi guru mata pelajaran menjadi guru kelas. Keempat, gabungan skenario kedua dan ketiga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s