Perguruan Tinggi Siap Memajukan Daerah

Media Indonesia, halaman 13

Sejumlah perguruan tinggi sudah merancang untuk mempersiapkan sumber daya manusia dan riset guna memajukan daerah. Seperti yang dilakukan Universitas Sebelas Maret (UNS) yang fokus memberi nilai tambah bagi Provinsi Jawa Tengah, khususnya wilayah eks kerisedenan Surakarta.

Rektor UNS, Ravik Karsidi, menjelaskan, pada bidang pertanian, UNS secara khusus terlibat dalam proses pengadaan padi, jagung, dan kedelai. Peran itu dilakukan melalui pendampingan lewat program kuliah kerja nyata tematik yang telah menjangkau 20 kabupaten dan kota dengan menerjunkan tenaga ahli, melakukan penelitian, hingga membuat desa-desa binaan. Salah satu hasilnya adalah budi daya pisang di kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, dimana bibit varietas unggul yang ditanam merupakan hasil penelitian kultur jaringan yang dilakukan peneliti dari fakultas pertanian.

Lain halnya dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang lebih fokus dengan pembangunan manusia dan pendidikan dengan menghasilkan guru-guru dan juga pejabat-pejabat di dinas pendidikan hingga tingkat kementerian. UMS kini telah menjadi ujung tombak dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusi di daerah itu.

Sementara itu, Universitas Diponegoro telah memperoleh pengakuan internasional dan dunia karena telah mengembangkan teknologi pengawet cabai dan beras dengan teknologi nano yang membuatnya mampu bertahan lama. Saat ini Undip sedang mengembangkan riset pengawetan bahan makanan dengan usia yang lebih lama dan berencana menggandeng para petani Jawa Tengah untuk riset tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s