Kemendikbud Siap Reformasi Pendidikan

Media Indonesia, halaman 22

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) siap melakukan reformasi pendidikan nasional pada tataran konseptual dan manajerial. Masyarakat juga diharapkan ikut menggerakkan upaya tersebut demi kemajuan dan keunggulan pendidikan.

Hal itu dikemukakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Jakarta, kemarin (Selasa, 2/5). Ia mengatakan, Kemendikbud bersiap melakukan reformasi pendidikan nasional. Dalam tataran konseptual, sekarang sedang diupayakan agar pendidikan karakter kembali menjadi fondasi dan roh pendidikan nasional.

Menurutnya, pembentukan karakter menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar. Kemudian, pada jenjang lebih lanjut, kondisi bagi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi diri secara maksimal harus kondusif. Selanjutnya, memungkinkan peserta didik membekali diri dengan keterampilan dan keahlian yang berdaya kompetisi tinggi, yang dibutuhkan dunia abad ke-21.

Muhadjir menembahkan, melalui karakter yang kuat dan daya saing tinggi, peserta didik akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri dengan tegak di antara bangsa-bangsa maju lainnya di masa yang akan datang. Dengan demikian, keberadaan bangsa Indonesia di tengah bangsa lain menjadi lebih bermartabat, berdaulat, dan bermaslahat.

Dalam reformasi pendidikan nasional, sambungnya, kerja keras yang konstruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan. Oleh karena itu, Muhadjir juga mengajak masyarakat untuk menggerakkan reformasi pendidikan nasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s