Pendidikan Didorong Topang Perekonomian

Kompas, halaman 1

Relevansi program studi dengan kebutuhan masyarakat menjadi salah satu isu utama peringatakan Hari Pendidikan Nasional, Selasa (2/5). Isu ini selaras dengan kebijakan pemerintah mengembangkan pendidikan vokasi. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir menekankan, perguruan tinggi kini jangan hanya berperan sebagai agen pendidikan da agen inovasi semata. Sudah saatnya perguruan tinggi pun berperan sebagai agen pertumbuhan ekonomi. Perguruan tinggi didorong untuk lebih memperlihatkan dampak aktivitasnya terhadap pengembangan perekonomian, terutama di daerah masing-masing.

Menurut Nasir, agar peran tersebut bisa terlaksana, pemerintah akan mendukung perguruan tinggi, salah satunya dengan meningkatkan jumlah perguruan tinggi vokasi. Kemristek Dikti telah mencanangkan program revitalisasi pendidikan vokasi yang mencakup pembangunan kompetensi serta restrukturisasi program keahlian dan kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. Program tersebut juga akan mencakup pembangunan infrastruktur fasilitas industri untuk mendukung magang mahasiswa dan pelatihan bagi dosen.

Kemristek Dikti juga akan mengembangkan Kawasan Sains dan Teknologi (KST). Kawasan  tersebut dapat memfasilitasi kolaborasi riset antara peneliti, universitas, dan dunia usaha. Melalui inkubasi bisnis di KST, diharapkan akan lahir pengusaha kecil menengah (UKM) atau pengusaha pemula berbasis teknologi.

Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami mengingatkan perlunya pendidikan tinggi memetakan program studi untuk memenuhi kebutuhan pasar kerja. Dalam porsi program studi di perguruan tinggi, misalnya, terjadi kesenjangan antara bidang sains-teknik dan ilmu sosial-humaniora. Bidang sosial-humaniora masih dominan, uakni mencapai 13.611 program studi (57 persen), sementara bidang sains-teknik 10.136 (43 persen).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s