Praktik Kecurangan Dapat Dikendalikan

Kompas, halaman 12

Hasil ujian nasional tahun ini diyakini menggambarkan kemampuan siswa yang sesungguhnya. Sebab, praktik kecurangan semakin dapat dikendalikan dengan meningkatkan penyelenggaraan UN berbasis komputer. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya meminta supaya guru dan siswa menjunjung kejujuran. Hasil dari UN akan dijadikan acuan untuk perbaikan pendidikan, erutama di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) untuk program peningkatan mutu.

UNBK SMA/SMK telah selesai dan sejumlah daerah telah mengumumkan hasilnya. Di Jawa Timur, misalnya, dari segi perolehan nilai, terjadi penurunan. Namun, perolehan nilai peserta dinilai murni karena UNBK tanpa masalah kebocoran soal dan jawaban, ketidakjujuran, serta campur tangan. Gubernur Jawa Timur Soekarwo mengatakan, biarlah perolehan nilai yang didapat siswa rendah asalkan dari jalan atau cara yang jujur.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman mengatakan, penurunan nilai bukan karena kendala teknis, seperti listrik mati atau kendala jaringan internet, melainkan lebih karena kemampuan peserta dalam mengerjakan soal. Menurut dia, pelajar SMA tahun ini kesulitan mengatasi soal-soal UNBK. Boleh jadi disebabkan peserta kurang membaca atau latihan menjawab soal-soal dengan berbagai variasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s