Ujian Nasional Membuat Orangtua Cemas

The Jakarta Post, halaman 2

Selasa itu, seorang ibu empat anak bernama Minah Febrianti, 44 tahun, mencoba untuk tetap fokus pada pekerjaannya di salah satu perusahaan swasta di Jakarta. Namun, pikirannya tertuju pada anaknya yang saat itu tengah mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) hari pertama. Ujian tersebut akan menentukan apakah anaknya itu bisa masuk ke SMAN 26, sebuah SMA unggulan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Ia sempat berpikir untuk mengambil cuti agar dapat membantu anaknya, siswa kelas sembilan di SMPN 182 Jakarta Selatan, untuk mempersiapkan ujian yang dilaksanakan pada hari Selasa dan akan berlangsung sampai dengan hari Senin depan.

Namun, Minah tidak bisa meninggalkan pekerjaannya saat ini, meski hanya satu hari, karena ada pekerjaan penting yang harus diselesaikan. Minah juga khawatir jika anaknya tidak bisa mengoperasikan komputer, karena ia tahu anaknya tersebut baru pertama kali ini mengikuti UNBK.

Selama berlangsungnya UN, para orangtua yang ingin anaknya diterima di SMA favorit pun merasa resah. Untuk bisa masuk di sebuah SMA favorit di Jakarta, setidaknya siswa harus memperoleh nilai Sembilan untuk tiap mata pelajaran yang diujikan.

Yasmin Indah, salah seorang siswa kelas sembilan di SMPN 101 Jakarta Barat, mengatakan, ia khawatir jika nilai ujiannya tidak cukup bagus. ibunya pun mengkhawatirkannya dan terus menyuruhnya untuk belajar. Namun, Yasmin menyampaikan kepada orang tuanya bahwa ia dapat melalui ujian itu dengan baik dan tidak mengalami kesulitan ketika mengerjakan soal Bahasa Indonesia pada UN hari pertama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s