Wujudkan Pendidikan Merata Berkualitas

Republika, halaman 1

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud)  Muhadjir Effedndy, dalam upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2017 di Kemendikbud, Senayan, Jakarta (2/5), mengatakan, pendidikan harus merata dan berkualitas. Untuk itu, pemeritah akan menjadikan hasil ujian sekolah berstandar nasional (USBN) sebagai dasar pembenahan dan peningkatan kualitas pendidikan.

Mendikbud pun mengajak semua pihak termasuk masyarakat untuk bersama membenahi kualitas pendidikan Indonesia. selain itu, peran aparat pemerintah dan guru selaku ujung tombak percepatan pemerataan pendidikan berkualias juga sangat penting.

Para pejabat di tingkat daerah pun mengonfirmasi pentingnya peningkatan kualitas pendidikan. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengungkapkan, salah satu langkah pemprov Jabar untuk pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan membangun sekolah terbuka untuk dua kelompok masyarakat, yaitu masyarakat yang sudah lewat masa sekolah dan masyarakat yang tinggal di daerah pelosok. Standar kurikulum pun sesuai pendidikan nasional.

Sementara itu, Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) mencatat tujuh masalah pendidikan yang harus diselesaikan pemerintah. Ketujuh permasalahan itu adalah, program wajib belajar 12 tahun, angka putus sekolah dari jenjang SMP ke SMA yang meningkat, pembenahan pendidikan agama di sekolah, masih lemahnya pengakuan negara atas pendidikan pesantren dan madrasah, pendistribusian kartu Indonesia Pintar (KIP), kekerasan dn pungutan liar di sekolah, serta ketidaksesuaian antara dunia pendidikan dan dunia kerja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s