Kampus Wajib Tangkal Radikalisme

Media Indonesia, halaman 1

Kampus diyakini memiliki potensi sebagai sarana atau pintu gerbang masuknya paham radikalisme melalui pendidikan. Karena itu, perguruan tinggi memiliki kewajiban untuk menangkal agar hal tersebut tidak menjadi kenyataan. Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) M Nasir mengungkapkan pernyataan tersebut menanggapi deklarasi 55 perguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PT-KIN), Selasa (2/5), sebagai respons atas merebaknya intoleransi, radikalisme, dan terorisme di masyarakat, termasuk di kampus.

Selaras dengan deklarasi 55 PT-KIN, M Nasir pun mengajak seluruh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di bawah kewenang-an Kemenristek Dikti untuk mendeklarasikan antiradikal-isme, NKRI harga mati, Pancasila, dan UUD 1945 sebagai pandangan hidup masyarakat di Indonesia.

Nasir menambahkan yang harus dipahami, apabila terjadi radikalisme, berarti kita tidak menerima perbedaan. Di Indonesia tidak bisa seperti itu karena kita hidup di antara keberagaman. Jadi, mari bersama-sama kita tangkal paham yang bisa merusak generasi bangsa di masa depan. Situasi dan perkembangan sosial politik di Indonesia, terutama saat pilkada DKI Jakarta beberapa waktu lalu, menurut Nasir itu, diperkirakan menjadi pemicu kembali mencuatnya isu radikalisme di kalangan masyarakat.

Dijelaskan Nasir menangkalnya pun mesti lewat jalur pendidikan. Sejak 2016, Kemenristek Dikti sebenarnya sudah mengeluarkan surat edaran untuk menangkal radikalisme itu melalui pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan. Di dalam implementasi, masih kata Menristek, mahasiswa diberikan pemahaman mengenai pentingnya menjaga nilai-nilai kebangsaan dan memperkuat nasionalisme demi menjaga keutuhan NKRI. Perguruan tinggi juga diwajibkan untuk melarang kegiatan apa pun yang berbau radikalisme.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s