Kemendikbud: SPM Pendidikan Bukan Sekedar Pemenuhan Sarana dan Prasarana

www.indonews.id

Disahkan UU nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagai pengganti UU nomor 32 tahun 2004, adalah momentum peninjauan kembali rumusan standar pelayanan minimal (SPM) yang menjadi tolak ukur kinerja pemerintah daerah. Demikian dikatakan staf ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Hubungan Pusat dan Daerah Dr James Modow.

Menurut James, proses penyusunan Rencana Peraturan Pemerintah (RPP) SPM yang dimotori Kemendagri terdapat sejumlah dinamika penting. Antara lain proses mengatasi sejumlah tantangan dalam menyamakan pemahaman mengenai SPM. Selain itu, ukuran SPM pendidikan sesuai dengan kondisi daerah yang beragam. Hal itu disampaikan James dalam sebuah diskusiyang diselenggarakan Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP) Indonesia, Rabu (3/5), di Jakarta.

Adanya dinamika dalam penyusunan RPP SPM, kata James, merupakan momentum penting bagi Kemendikbud untuk meninjau kembali indikator SPM pendidikan yang ada. Ia mengatakan, Indonesia telah memiliki peraturan Mendikbud 23/2013 mengenai SPM Dikdas yang di dalamnya memuat 27 indikator.

Lebih jauh James berharap, dengan melalui proses penyusunan SPM, semua pihak bisa memahami bahwa tujuan SPM pendidikan adalah pemerataan layanan pendidikan yang berkualitas di Indonesia. Dengan kesadaran bahwa SPM pendidikan adalah kunci menuju peningkatan kualitas pendidikan, dirinya berharap bahwa indikator yang telah  disusun bersama itu benar-benar mencerminkan penekanan kualitas itu, bukan sekedar pemenuhan sarana dan prasarana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s