Dampak Baik Teknologi untuk Anak Sekolah Dasar

www.viva.co.id

Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan sudah banyak diterapkan oleh beberapa sekolah di kota maupun kabupaten. SPM dinilai mampu menjadi tolak ukur dalam membangun sistem pendidikan menjadi lebih baik. Sejak diperkenalkan di tahun 2004, SPM menjadi kunci kebijakan di Indonesia dengan tujuan meningkatkan kinerja pemerintah daerah. Dituturkan Sekjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Thamrin Kasman, pelayanan yang terstandardisasi merupakan hak mutlak pada setiap warga negara.

Thamrin mengatakan, berbicara layanan berarti bicara mengenai standar atau ukuran. Itu adalah hak mutlak setiap warga negara dan harus ditanggung oleh pemerintah. Esensi standar minimal ada dua yaitu mengukur kinerja sesuai tugas dan UU dan pijakan untuk menuju standar nasional. Hal itu disampaikan dalam media diskusi KOPI DARAT, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, (3/5).

Salah satu standar yang berkembang yakni melalui teknologi. Adanya kehadiran teknologi, diyakini Thamrin, dapat mempermudah proses evaluasi kinerja pemerintah daerah setempat dalam memberikan hak kepada anak yang duduk di bangku sekolah dasar. Semakin berkembangnya teknologi informasi, yang bisa merespons tiap aktivitas, sebetulnya kinerja itu pada akhirnya bisa dievaluasi siapa saja. Maka langkahnya dapat diukur sendiri pula.

Langkah konkret yang telah dilaksanakan melalui perkembangan teknologi yakni di sekitaran daerah istimewa Yogyakarta. Dituturkan Rahayu, Kepala Sekolah SDN 1 Maguwoharjo, melalui teknologi, absensi para guru dapat didata dengan cepat. Rahayu mengatakan, fingerprint itu mempermudah pihaknya untuk mendata jumlah total waktu para guru dalam mendidik anak-anak, karena anak harus mendapatkan haknya dalam menerima pendidikan yang sesuai dengan kebijakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s