Kemristek Dikti akan Benahi LPTK

Suara Pembaruan, halaman 16

Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti mengatakan, tantangan pendidikan Indonesia semakin kompleks seiring dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat akan pendidikan berkualitas. Ghufron menyebutkan, kualitas pendidikan ditentukan oleh tenaga pendidik, yaitu guru. Untuk itu, Kemristek Dikti sebagai pihak yang mengelola Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) membuat grand design untuk mempermudah serta merealisasikan keselarasan antara kebutuhan dan ketersediaan.

Ghufron menjelaskan, revitalisasi pada LPTK dilakukan untuk menjawab kesenjangan kuantitas dan kualitas guru. Pasalnya, Kemristek Dikti telah melakukan analisis lulusan program studi pendidikan pada 2014 hingga 2016.

Berdasarkan data yang diperoleh, kebutuhan dan ketersediaan guru tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK mulai 2017 hingga 2024 terjadi kesenjangan. Pasalnya, lulusan yang dihasilkan LPTK secara jumlah mencukupi, tetapi jika dilihat dari kebutuhan tidak. Intinya, lulusan guru banyak tetapi tidak sesuai dengan kebutuhan pengajar di mata pelajaran tertentu.

Dalam revitalisasi yang dilakukan Kemristek Dikti, LPTK didorong untuk mempersiapkan lulusan sesuai dengan kebutuhan untuk menjawab kebutuhan guru hingga 2024, yakni ketersediaan guru yang berkualitas dan memiliki kompetensi pada bidang keilmuannya. Dalam hal ini, program studi-program studi pendidikan LPTK yang tidak dibutuhkan atau tidak sesuai dengan perkembangan zaman akan dialihkan pada program studi yang bisa membentuk SDM yang berdaya saing.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s