UI Berhasil Ciptakan Riset Inovasi untuk Mitigasi Bencana

www.antaranews.com

Rektor Universitas Indonesia (UI) Professor Muhammad Anis mengatakan, para dosen dan mahasiswa UI telah berhasil mengembangkan dan menciptakan beberapa riset inovasi yang sangat penting dan diperlukan dalam menghadapi bencana alam.

Anis mengungkapkan, di antara riset inovasi penelitian penting itu adalah kapal tanpa awak “Makara-05” dan kendaraan tak berawak “quadcopter.” Keduanya dirancang dan dikembangkan oleh mahasiswa UI.

Anis menjelaskan, AMV “Makara 05” sangat penting untuk penanganan bencana yang terjadi di permukaan dan di bawah perairan. Sedangkan, UAV quadcopter sangat membantu dalam menemukan faktor penyebab kebakaran hutan dan lahan tanpa harus melibatkan manusia untuk terjun langsung di lapangan.

Menurut Anis, pertemuan ilmiah tahunan selam tiga hari yang dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tersebut sangat penting dan diharapkan dapat membuka jalan bagi pembentukan peta jalan riset kebencanaan di Indonesia.

Pertemuan itu dihadiri oleh para ahli dan ilmuwan dari Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)

Melalui pertemuan tiga hari itu, para ahli dan ilmuwan yang hadir dapat saling berbagi pengetahuan, keahlian dan pengalaman  dalam upaya untuk pengembangan sains dan teknologi di Tanah Air terkait kebencanaan dan mitigasi bencana.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s