UGM Menjadi Tuan Rumah Kontes Robot

Kompas, halaman 11

Universitas Gadjah Mada menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia Regional III 2017 yang berlangsung pada 11-13 Mei 2017. Sebanyak 73 tim dari sejumlah perguruan tinggi asal Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan berlomba agar dapat lolos ke ajang Kontes Robot Indonesia tingkat nasional.

Kontes Robot Indonesia (KRI) merupakan kompetisi tahunan di bidang robotika. Kompetisi itu diikuti tim mahasiswa dari institusi pendidikan tinggi, negeri ataupun swasta, yang terdaftar di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Panitia pelaksana KRI Regional III 2017 Maun Budiyanto mengatakan, 73 tim akan berlaga di empat kategori lomba. Sebanyak 17 tim beradu dalam kategori ketangkasan, 26 tim bertanding di kategori pemadam api, 17 tim bertanding dalam kategori sepak bola beroda, dan 13 tim bertanding untuk kategori seni tari Indonesia. Tim yang menang di kategori ketangkasan akan dilibatkan dalam lomba robot tingkat internasional di Tokyo, Jepang, Agustus 2017.

Sementar itu, Kepala Subdirektorat Kreativitas UGM Ahmad Agus Setiawan menilai, kompetisi itu bisa meningkatkan kreativitas mahasiswa yang jadi peserta. Selain itu, mahasiswa bisa mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dunia nyata. Mahasiswa, lanjutnya, dituntut peka dan inovatif mengembangkan teknologi robotika. Pengetahuan robotika yang mereka dapatkan dari kontes itu akan amat berguna saat nanti mereka terjun ke dunia industri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s