UNBK Dongkrak Kredibilitas

Kompas, halaman  12, Sabtu, 13 Mei

Penyelenggaraan ujian nasional SMA/SMK/MA berbasis komputer yang meluas tahun 2017 ini dinilai meningkatkan nilai kepercayaan terhadap pelaksanaan ujian nasional. Hal ini terlihat dari meningkatnya indeks integritas yang berarti minim kecurangan meskipun rerata nilai ujian nasional menurun. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan, tahun ini pihaknya memang masih fokus membersihkan sekolah dari praktik kecurangan ujian nasional (UN) dengan mengedepankan kejujuran.

Menurut Muhadjir, penyelenggaraan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) terbukti mampu meningkatkan pelaksanaan UN yang lebih kredibel. Di sekolah-sekolah yang tahun lalu masih menyelenggaraan UN berbasis kertas dan pensil dengan kecurangan tinggi, hasil UN terkoreksi cukup tinggi ketika beralih ke UNBK. Untuk sekolah yang indeks integritas UN (IIUN) di bawah 50, nilai UN terkoreksi -19,21, sedangkan di bawah 60 terkoreksi -14,28. Adapun IIUN di atas 80 justru bertambah 1,16. Peningkatan IIUN dari UNBK tahun ini sebesar 3,39.

Muhadjir mengatakan, hasil UN harus ditindaklanjuti. Hal ini menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sekolah, guru, dan pemangku kepentingan lainnya. Pencapaian nilai UN bagi SMA tahun ini 50,99, sedangkan tahun lalu 55,02. Pada jenjang MA tahun ini 48,25, tahun lalu 53,92. Di SMK, nilai UN pada tahun ini 47,01, tahun lalu 52,84. Untuk SMK, nilai IIUN justru turun. Di SMK lebih dari 90 persen sudah UNBK.

Sementara itu, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud Nizam mengatakan, sekolah-sekolah yang berintegritas tinggi disebabkan sekolah dan guru konsisten memakai hasil evaluasi untuk perbaikan. Selain itu, sekolah juga fokus menuntaskan materi-materi yang ada dalam kurikulum, bukan pada pengerjaan soal UN. Nizam mengatakan, hasil UN mengevaluasi proses pembelajaran di kelas. Ketuntasan belajar di sekolah menjadi kunci untuk keberhasilan siswa mencapai standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional. Karena itu, hasil UN harus dimanfaatkan betul oleh pemerintah daerah dan guru untuk memperbaiki kekurangan dalam pembelajaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s