Hasil Seleksi Bersama Bisa Bantu ke Mandiri

Kompas, halaman 12

Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang merupakan jalur tes tertulis/keterampilan tidak hanya untuk mencari calon mahasiswa terbaik lewat jalur ini. Perguruan tinggi negeri diimbau memanfaatkan hasil tes SBMPTN calon mahasiswa potensial dalam penerimaan seleksi jalur mandiri. Jalur mandiri merupakan “pintu” terakhir untuk masuk PTN bagi lulusan SMA/SMK yang gagal di jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN. Hari Selasa ini, 797.023 pendaftar akan mengikuti ujian tulis. Mereka bersaing memperebutkan 128.085 bangku kuliah yang tersebar di 85 PTN se-Indonesia.

Pemanfaatan hasil SBMPTN sebagai pertimbangan seleksi mandiri tertuang dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 126 Tahun 2016 tenteng Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada PTN. Peraturan itu menegaskan, seleksi mandiri yang dilakukan setiap PTN menggunakan atau memanfaatkan hasil tes SBMPTN.

Ketua Umum Panitia Pusat SBMPTN 2017 Ravik Karsidi mengatakan, pemanfaatan hasil SBMPTN yang diikuti 85 PTN untuk dipakai dalam seleksi mandiri (jika perguruan tinggi mengadakan jalur mandiri) sudah disosialisasikan. Imbauan ini disambut baik oleh PTN. Menurut Ravik, yang juga rektor di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS), di Surakarta, pihaknya sudah memanfaatkan hasil SBMPTN dalam seleksi mandiri di UNS. Jika peserta SBMPTN yang tak lolos di jalur ini mendaftar lagi di jalur mandiri, hasil tesnya dipertimbangkan untuk lolos jalur mandiri.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjungpura, Pontianak, Thamrin Usman menyatakan, untuk SBMPTN, pihaknya menyediakan kuota 30 persen. Yang lewat jalur prestasi sekitar 40 persen. Adapun yang jalur mandiri 30 persen. Kuota tahun ini sekitar 7.000 mahasiswa. Menurut Thamrin, pihaknya siap untuk mempertimbangkan hasil SBMPTN dalam penerimaan di jalur seleksi mandiri nanti. Caranya, mereka yang ikut SBMPTN punya skor nilai ke semua jenis tes mandiri. Ketika nilai mereka ternyata masih layak diambil dengan membandingkan hasil tes mandiri dan masih tersedia daya tampung, peserta SBMPTN yang tidak diterima di jalur ini bisa ditawari masuk seleksi jalur mandiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s