Mendikbud: Jangan Ada Lagi sekolah Pagi dan Sore

Republika, halaman 5

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau, pemerintah daerah menggenjot pembangunan infrastruktur pendidikan. Tujuannya unutk lebih memaksimalkan proses belajar dan mengajar.

Di dalam keterangan tertulis Muhadjir mengatakan tidak boleh ada lagi sekolah dengan dua jadwal belajar pagi dan sore. Jika hal tersebut terjadi, pemda dapat membantu membuat ruang kelas baru atau unit sekolah baru.

Selain itu, Muhadjir mengingatkan, pemerintah daerah perlu membuat regulasi yang mewajibkan guru berada di sekolah selama delapan jam. Tujuannya agar guru tidak lagi mencari jam mengajar di sekolah lain.

Proses belajar dan mengajar akan mengarah pada aktivitas yang mendorong siswa lebih aktif dan menumbuhkan kemampuan siswa berinovasi. Ia mengingatkan, penguatan pendidikan karakter dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan kearifan lokal di tiap-tiap daerah.

Muhadjir juga meminta pemda bersama pemerintah pusat dapat fokus pada penambahan perangkat komputer agar siswa semakin melek teknologi.

Selain itu, Mendikbud juga meminta sekolah mencanangkan gerakan anticurang dan menegakan kejujuran. Dia mengatakan, prestasi pendidikan memang penting. Namunm yang lebih penting lagi adalah kejujuran dan integritas keran sikap ini menentukan kualitas mental dan kepribadian seseorang.

Dirinya juga mengatakan, pemerintah akan mengedepankan penguatan karakter dan pemerataan yang berkualitas dalam mengembangkan pendidikan pada tahun pelajaran 2017/2018. Ia optimistis model pengembangan itu merupakan upaya menanamkan nilai-nilai kejujuran.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s