Menggugah Literasi dari Kampung Kecil

Media Indonesia, halaman 12

Kata ‘pemuda’ berulang kali disebut Wali Kota Padang, Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah, kemarin. Ia mengungkapkan rasa terima kasih kepada para pemuda di wilayahnya ini yang telah menggagas berdirinya kampung literasi.

Berkat pemuda, keinginan masyarakat Kampung Batu, Kelurahan Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, untuk menjadikan kampung literasi akhirnya terwujud. Gagasan itu bak gayung bersambut, dari pemuda, mendapatkan dukungan masyarakat, dan akhirnya diayomi pemerintah daerah.

Kemarin, wali kota meresmikan Kampung Batu, Batang Arau, sebagai kampung literasi. Mahyeldi mengatakan bahwa sejak dahulu Sumatra Barat dikenal sebagai daerah literatur. Budaya baca dan menulis sangat kuat. Daerah ini pun melahirkan tokoh besar seperti Buya HAMKA, M Nasir, Muhammad Hatta, Muhammad Yamin, Tan Malaka, juga Rahmah Elyunusiyah.

Ia menegaskan budaya membaca dan menulis tumbuh kuat di Minangkabau sejak dulu. Sangat wajar saat ini semangat tersebut tumbuh kembali setelah tidak ada lagi yang bisa disebut sebagai kawasan literasi.

Keinginan pemuda di Kampung Batu disambut Kepala Arsip dan Perpustakaan Provinsi Sumatra Barat Alwis dan Kota Padang Zabendri. Mereka memberi bantuan mobil perpustakaan.

Selain dari pemerintah daerah, pembentukan kawasan literasi ini juga di dukung Yayasan Gemar Membaca Indonesia. Mereka membantu sistem dan pengelolaan kampung literasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s