Beri Akses Mahasiswa Miskin

Kompas, halaman 11

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi mempertegas kembali komitmen untuk menyediakan kuota 20 persen bagi mahasiswa miskin untuk kuliah di perguruan tinggi negeri. Kuota itu mencakup tiga jalur penerimaan mahasiswa baru. Penegasan itu dikemukakan Sekretaris Jenderal Kemristek Dikti Ainun Na`im terkait penyelenggaraan ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ia menegaskan, PTN mendapatkan alokasi dana Beasiswa Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) dari Kemristek Dikti. Penerima beasiswa mendapat beasiswa kuliah dan biaya hidup dari sejak kuliah hingga lulus.

Tahun 2017, secara nasional kuota beasiswa Bidikmisi untuk mahasiswa baru 90.000 orang. Perhitungan kuota itu mencakup terbuka di tiga jalur, yakni SBMPTN, SNMPTN, dan jalur mandiri. Jika kuota Bidikmisi untuk PTN tidak cukup, PTN harus tetap memenuhi dengan mencari dana. Bisa lewat dana masyarakat, Pendapatan Negara Bukan Pajak, ataupun dari lembaga lain.

Tahun ini, dari total 797.023 pendaftar di jalur SBMPTN, sebanyak 157.974 orang di antaranya mengajuka permohonan beasiswa Bidikmisi. Adapun di jalur SNMPTN, pemohon Bidikmisi yang diterima sebanyak 26.058 orang dari 101.906 jumlah mahasiswa baru yang diterima. Menurut Ainun, ada juga PTN yang punya jabaran sendiri mengenai fasilitas untuk mahasiswa miskin. Misalnya, dengan memberlakukan uang kuliah tunggal yang nol rupiah. Itu tergantung dari kebijakan tiap PTN, yang terpenting kuota 20 persen untuk mahasiswa tidak mampu harus terpenuhi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Negeri Jakarta Muchlis R Luddin mengatakan, tahun lalu pihaknya memberikan kuota hingga lebih dari 25 persen untuk mahasiswa dari keluarga miskin. Sementara dari jalur SNMPTN atau jalur prestasi tahun lalu sudah lebih dari 26 persen. Tahun ini bisa mencapai 29 persen, hal tersebut dilakukan dengan sistem subsidi silang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s