Mendikbud: Reformasi Pendidikan Demi Pemerataan

Suara Pembaruan, halaman 16

Dalam sebuah acara yang dihadiri 400 guru dan kepala sekolah di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) di Provinsi Bengkulu, Minggu (14/5), Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, demi meningkatkan pendidikan Indonesia, Kemendikbud akan melakukan reformasi untuk pemerataan. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk reformasi pendidikan yaitu sistem zonasi penerimaan siswa baru, guru wajb berada di sekolah selama delapan jam tiap harinya, dan penambahan hari libur sehingga kegiatan sekolah hanya berlangsung lima hari.

Mendikud menjelaskan, regulasi guru wajib hadir di sekolah selama delapan jam dimaksudkan agar guru fokus mengajar di sekolahnya dan tidak mencari jam mengajar di sekolah lain. Penerapan 8 jam di sekolah mengarahkan proses belajar mengajar siswa aktif, dimana belajar di kelas dapat dilakukan sekitar 3 jam, dan sisanya 5 jam untuk belajar aktif di luar kelas.

Sementara, untuk penambahan hari libur bersifat tidak wajib, karena pada hari Sabtu bisa saja diisi dengan kegiatan ekstrakurikuler, asal jangan diisi dengan belajar di kelas.

Sedangkan, untuk sistem zonasi dimaksudkan untuk menghindari banyaknya orang tua murid yang mengincar sekolah unggulan dan favorit dan memaksa anak mereka untuk sekolah di luar zonasi, sehingga dalam radius yang sama ada sekolah yang kelebihan dan kekurangan murid. Sistem zonasi juga membantu guru untuk dapat menggenapi tuntutan mengajar, sehigga tidak ada sekolah yang menerapkan sistem belajar pagi sore. Dalam hal ini, pemda dapat membantu membuatkan ruang kelas atau sekolah baru jika kekurangan ruang belajar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s