SBMPTN Diklaim tanpa Kendala

Republika, halaman 5

Sebanyak 797.738 peserta memperebutkan kursi perguruan tinggi negeri dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 pada Selasa (16/5). Ujian tulis dilaksanakan serentak di 42 panitia lokal (panlok), yang terdiri dari 85 PTN di seluruh Indonesia.

Lebih dari tujuh ribu peserta SBMPTN 2017 tersebut akan memperebutkan 128.085 kursi di 85 perguruan tinggi negeri. Pelaksanaan SBMPTN 2017 secara simbolis ditandai dengan penyerahan Naskah Soal Ujian kepada Ketua Panitia Pusat SNMPTN-SBMPTN 2017 Ravik Karsidi, di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah pada Selasa (16/5) pukul 06.30 WITA.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir menyampaikan dari hasil monitoring laporan (panitia lokasi) panlok di berbagai wilayah di Indonesia pelaksanaan ujian SBMPTN 2017 berlangsung lancar. Pihaknya juga tidak menemukan laporan kendala ujian computer-based test (CBT), yang menggunakan dukungan infrastruktur teknologi informasi. Terkait adanya kursi peserta yang kosong, Nasir mengungkapkan bahwa hal itu disebabkan dua faktor yaitu peserta sudah diterima di SNMPTN dan peserta sudah mendaftar tapi ternyata pilihannya tidak sesuai dengan yang diinginkan sehingga dia daftar bidang yang lain.

Untuk statistik panlok dengan jumlah pendaftar terbesar, Nasir mengatakan, Jakarta menempati urutan pertama dengan jumlah 68.764 pendaftar, disusul oleh Medan 60.144 pendaftar, Surabaya 55.294 pendaftar, serta Bandung 51.961 pendaftar. Makasar, Bogor, Yogyakarta, Semarang, Padang, dan Malang berada di urutan berikutnya. Distribusi peserta ini menunjukkan peserta SBMPTN 2017 tidak lagi terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s