10 Ribu Buku akan Disebar ke Daerah Tertinggal

Media Indonesia, halaman 23

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan menyediakan 10 ribu buku untuk daerah-daerah tertinggal, terluar, dan terdepan (3T). Penyebaran buku diharapkan meningkatkan budaya baca buku pada masyarakat di daerah tersebut. Upaya itu juga dilakukan untuk makin memperkenalkan budaya masyarakat Indonesia yang berbeda antara satu dan lainnya. Sekaligus menumbuhkan toleransi di antara masyarakat.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Jakarta, kemarin  mengatakan, penyebaran buku merupakan salah satu cara untuk mempercepat program literasi nasional bagi warga Indonesia dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional 2017.

Ia menilai penyebaran buku sangat penting karena minat baca anak-anak saat ini masih rendah. Bahkan, bila tidak segara dicarikan solusinya, tantangan di masa depan akan semakin berat. Oleh karena itu, ujar Mendikbud, untuk mendorong minat baca anak-anak, pemerintah akan memperbanyak jumlah buku bacaan di sekolah-sekolah, yakni buku kategori mata pelajaran ataupun nonpelajaran. Muhadjir menambahkan nantinya mungkin akan ada juga program afirmasi dari pemerintah terhadap buku-buku yang kurang laku di pasaran, tetapi memiliki peranan yang penting bagi bangsa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s