Akses Buku Didekatkan ke Masyarakat

Kompas, halaman 11

Akses buku bacaan di masyarakat yang masih rendah, terutama di daerah pinggiran dan terpencil, perlu diatasi. Sebab, ketersediaan buku bacaan yang menarik dan sesuai kebutuhan masyarakat efektif untuk menumbuhkan minat baca keluarga dan masyarakat. Bertepatan dengan Hari Buku Nasional, Rabu (17/5), sebanyak 15 rumah baca dan pengetahuan (RBP) di tingkat rukun tetangga diluncurkan di Desa Pasir Angin, Kecamatan Megamendung, Bogor Jawa Barat. Pengadaan RBP ini didukung Yayasan Dunamis Mitra Pertiwi (Dunamis Foundation).

Sekretaris Dunamis Foundation Shirley Wangsanegara mengatakan, keberadaan RBP yang dekat dengan masyarakat akan memudahkan mereka membaca buku dan menambah pengetahuan. Dunamis berharap, sukarelawan yang ada di tiap RT bisa aktif mengajak masyarakat membaca buku. Sebab, buku bukan cuma sumber ilmu pengetahuan. Buku juga bisa membantu masyarakat meningkatkan meningkatkan taraf hidup karena banyak tips untuk berusaha.

RBP di tiap RT tersebut unik, ada yang memakai rumah warga, pos keamanan warga, hingga lokasi pendidikan anak usia dini (PAUD). Dunamis Foundation memberi bantuan berupa rak buku lengkap dengan beragam buku bacaan serta tikar.

Ma`mun dari Badan Perwakilan Desa Pasir Angin menyambut gembira RBP di tingkat RT. Sebab, belajar dengan membaca dapat meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat. Sri Rahayu Lestari, siswi kelas IV SDN2 Pasir Angin, merasa senang karena libur sekolah pekan ini diisi dengan kegiatan membaca buku. Dia cukup datang ke rumah Ketua RT 005 di RW 008, yang kini disulap menjadi salah satu RBP.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s