Momentum Harkitnas Genjot Pendidikan Karakter

Media Indonesia, halaman 24

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sejatinya diiringi pula dengan kebangkitan dunia pendidikan. Itu termasuk para guru sebagai agen perubahan dan kemajuan bangsa mencotoh semangat para tokoh bangsa dan pejuang untuk mendedikasikan diri mereka untuk kemajuan bangsa dan negara.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (GTK Kemendikbud Sumarna Suraparanata mengatakan dirinya berharap dengan semangat peringatan Hari Kebangkitan Nasional, bisa meningkatkan semangat untuk maju. Dengan mengenang perjuangan tokoh bangsa, kita yang ada tetap menaruh, semangat dalam berjuang mengabdi pada negara dengan mengisinya melalui semangat bekerja di bidang masing-masing, khususnya para guru harus mengisinya dengan memberikan pengajaran dan pembelajaran yang baik bagi anak didik yang lebih baik, lebih mampuni.

Lebih lanjut, dijelaskan oleh Pranata, dalam setiap aktivitas pengembangan keprofesionalan guru atau pendidikan dan latihan atau diklat guru, kemdikbud senantiasa menyisipkan pembekalan PPK (penguatan pendidikan karakter) bagi guru, khususnya guru untuk pendidikan dasar tingkat SD dan SMP, yang memang difokuskan persentase PPK lebih banyak. Namun, untuk pendidika menengah, ia mencontohkan di tingkat pendidikan kejuruan SMK, PPK ditekankan pada kemandirian dan kerja keras.

Ia mencontohkan PPK antara lain guru mata pelajaran biologi mesti secara kreatif mengajar dengan beradaptasi dengan lingkuungan yang dinamis, antara lain mengajak siswa belajar di alam terbuka. Maksudnya mendekatkan siswa pada lingkungan di luar kelas. Pendidikan karakter bisa juga diciptakan dengan cara mengajar dengan ekspresi atau dengan bercerita. Ia berharap para guru mempersiapkan kegiatan mengajar di setiap jenjang pendidikan mengajarkan lima pendidikian karakter, yaitu religious, nasionalisme, integritas, gotong royong, dan mandiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s