Riset Harus Ditopang Regulasi

Media Indonesia, halaman 24

Hasil riset tidak bisa berhenti hanya sebatas publikasi, tetapi harus dapat menghasilkan inovasi dan diupayakan sampai pada tahap hilirisasi dan komersialisasi. Karena, penguatan riset merupakan kebangkitan dari industri dalam negeri. Untuk itu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) saat ini tengah mengupayakan penguatan riset dengan menambah dana.

Menristek Dikti M Nasir mengatakan, selain anggaran, pemerintah perlu membuat kebijakan-kebijakan yang mendorong tumbuhnya riset-riset baru termasuk cara mengakomodasi hasil produk dari riset yang telah dikembangkan menjadi inovasi. Kebijakan, lanjutnya, sangat penting karena inovasi yang dihasilkan tanpa ada kebijakan sangat sulit, khususnya dengan menggandeng Kementerian Perindustrian.

Sementara itu, Rektor Universitas Tarumanagara (Untar) Agustinus Purna Irawan mengatakan target jangka panjang dari Untar ialah dapat menjadi salah satu perguruan tinggi swasta (PTS) papan atas di Indonesia. Untuk mewujudkan itu, Untar berupaya meningkatkan kapasitas dosen dan penguatan riset. PT, sambungnya, harus berupaya memperkuat link dengan industri agar riset yang dihasilkan dapat dikomersialisasi.

Di tempat terpisah, pengamat pendidikan Doni Koesoema menilai salah satu sebab rendahnya budaya riset di PT ialah kegagalan pendidikan dasar yang belum mampu menumbuhkan minat serta kemampuan membaca dan menulis. Padahal, hal itu merupakan dasar untuk menciptakan hasil riset yang berkualitas. Ia pun menekankan jangan sampai perguruan tinggi sekadar mengejar kuantitas guna memenuhi kuota, tetapi harus berdasarkan pada penguasaan pengetahuan yang objektif dan meritokratis agar memperoleh mahasiswa berkualitas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s